|
KEMENTERIAN
AGAMA
|
FORM
(FR)
|
No. Dokumen
|
:
|
FITK-FR-LABF-021
|
UIN JAKARTA
|
Tgl.
Terbit
|
:
|
1 Maret
2010
|
||
FITK
|
No. Revisi:
|
:
|
01
|
||
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
|
Hal
|
:
|
1/1
|
||
INSTRUMEN PENILAIAN PRAKTIK MENGAJAR
|
Nama : _______________________ NIM: _____________ Jur/Prodi/Kls
: ______/_______/____
Praktik
Mengajar ke : ____ Tgl.: _________ Mata
Pelajaran : _______________________
Nama
Sekolah/Madrasah : -----------------------------------------------
Petunjuk
Penilaian :
1. 5 = Sangat Baik; 4 = Baik; 3 =
Sedang/Cukup; 2 = Kurang; 1 = Sangat Kurang
2. Lingkarilah
Skor Penilaian
3. Jumlahkanlah
Skor Total dan Buat Skor Rata-rata
NO
|
INDIKATOR/ASPEK YANG DINILAI
|
SKOR
|
I
|
PRA
PEMBELAJARAN
|
|
|
1.
Menyiapkan ruang,alat pembelajaran dan media
|
1 2
3 4 5
|
|
2.
Memeriksa kesiapan siswa
|
1 2
3 4 5
|
II
|
MEMBUKA
PEMBELAJARAN
|
1 2
3 4 5
|
|
1.
Melakukan kegiatan apersepsi
|
1 2
3 4 5
|
|
2.
Menyampaikan indikator pencapaian kompetensi
|
1 2
3 4 5
|
III
|
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN
|
1 2
3 4 5
|
A
|
Penguasaan
materi pelajaran
|
1 2
3 4 5
|
|
1.
Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran
|
1 2
3 4 5
|
|
2.
Mengaitkan materi dengan pengetahuan yang relevan
|
1 2
3 4 5
|
|
3.
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan
|
1 2
3 4 5
|
|
4.
Mencapai tujuan komunikatif
|
1 2
3 4 5
|
|
5.
Menggunakan struktur logika/retorika
|
1 2
3 4 5
|
|
6.
menyampaikan materi sesuai dengan hirarki belajar
|
1 2
3 4 5
|
|
7.
Mengintegrasikan kerja ilmiah dalam pembelajaran
|
1 2
3 4 5
|
B
|
Pendekatan/strategi
pembelajaran
|
1 2
3 4 5
|
|
1.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai
|
1 2
3 4 5
|
|
2.
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
|
1 2
3 4 5
|
|
3.
Menguasai kelas
|
1 2
3 4 5
|
|
4.
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
|
1 2
3 4 5
|
|
5.
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan
tumbuhnya kebiasaan yang positif
|
1 2
3 4 5
|
|
6.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
|
1 2
3 4 5
|
|
7.
Melaksanakan pembelajaran yang aktif dan partisipatif siswa
|
1 2
3 4 5
|
|
8.
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan kegiatan eksplorasi
|
1 2
3 4 5
|
|
9.
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan kegiatan elaborasi
|
1 2
3 4 5
|
|
10.Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan kegiatan
konfirmasi
|
1 2
3 4 5
|
C
|
Pemanfaatan
sumber belajar/media pembelajaran
|
1 2
3 4 5
|
|
1.
Menunjukkan keterampilan dalam menggunakan sumber belajar/media pembelajaran
|
1 2
3 4 5
|
|
2.
Menghasilkan pesan yang menarik dari penggunaan sumber belajar
|
1 2
3 4 5
|
|
3.
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan
sumber belajar/media pembelajaran
|
1 2
3 4 5
|
D
|
Pembelajaran
yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa
|
1 2
3 4 5
|
|
1.
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru, siswa, sumber
belajar
|
1 2 3 4 5
|
|
2.
Merespon positif partisispasi aktif siswa
|
1 2
3 4 5
|
|
3.
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon siswa
|
1 2
3 4 5
|
|
4.
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif
|
1 2
3 4 5
|
|
5.
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar
|
1 2
3 4 5
|
|
6.
Membantu siswa dalam membentuk sikap cermat dan kritis
|
1 2
3 4 5
|
E
|
Penilaian
proses dan hasil belajar
|
1 2
3 4 5
|
|
1.
Memantau kemajuan belajar/indikator pencapaian
|
1 2
3 4 5
|
|
2.
Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi
|
1 2
3 4 5
|
F
|
Penggunaan
bahasa
|
1 2
3 4 5
|
|
1.
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan benar
|
1 2
3 4 5
|
|
2.
menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar
|
1 2
3 4 5
|
|
3.
menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
|
1 2
3 4 5
|
IV
|
PENUTUP
|
1 2
3 4 5
|
|
1.
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
|
1 2
3 4 5
|
|
2.
Melakukan tindak lanjut dengan memberi arahan atau tugas sebagai kegiatan
remedi
|
1 2
3 4 5
|
|
Skor
Rata-rata:
Jumlah butir keseluruhan adalah 37
|
|
Catatan/Saran
: ………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
……,
…………..
Dosen
Pembimbing
Guru Pamong
…………………............. …………………....................
NIP. NIP.
|
KEMENTERIAN AGAMA
|
FORM
(FR)
|
No. Dokumen
|
:
|
FITK-FR-LABF-021
|
UIN JAKARTA
|
Tgl.
Terbit
|
:
|
1 Maret
2010
|
||
FITK
|
No. Revisi:
|
:
|
01
|
||
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
|
Hal
|
:
|
1/1
|
||
INSTRUMEN PENILAIAN RPP
|
Nama : ______________________ NIM: _____________ Jur/Prodi/Kls
: ______/_______/____
Praktik
Mengajar ke : ____ Tgl.: _____________________ Mata
Pelajaran : _______________________
Nama
Sekolah/Madrasah : -----------------------------------------------
Petunjuk
Penilaian :
1. 5 = Sangat Baik; 4 = Baik; 3 =
Sedang/Cukup; 2 = Kurang; 1 = Sangat Kurang
2. Lingkarilah
Skor Penilaian
3. Jumlahkanlah
Skor Total dan Buat Skor Rata-rata
NO
|
KOMPONEN RENCANA PEMBELAJARAN YANG
DINILAI
|
SKOR
|
I
|
Perumusan
Indikator Pencapaian KD
|
|
|
1.
Perumusan IPKD
|
1 2
3 4 5
|
|
2.
Kelengkapan cakupan rumusan
|
1 2
3 4 5
|
|
3.
kesesuaian dengan KD
|
1 2
3 4 5
|
II
|
Perumusan
Tujuan Pembelajaran
|
1 2
3 4 5
|
|
1.
Kejelasan rumusan
|
1 2
3 4 5
|
|
2.
Kelengkapan cakupan rumusan
|
1 2
3 4 5
|
|
3.
Kesesuaian dengan kompetensi dasar
|
1 2
3 4 5
|
III
|
Pemilihan
dan Pengorganisasian Materi Ajar
|
1 2
3 4 5
|
|
1.
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
|
1 2
3 4 5
|
|
2.
kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
|
1 2
3 4 5
|
|
3.
Keruntutan dan sistematika materi
|
1 2
3 4 5
|
|
4.
Kesesuaian materi dengan alokasi waktu
|
1 2
3 4 5
|
IV
|
Pemilihan
Sumber Belajar/Media Pembelajaran
|
1 2
3 4 5
|
|
1.
Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran dengan tujuan
Pembelajaran
|
1 2
3 4 5
|
|
2.
Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran dengan materi pembelajaran
|
1 2
3 4 5
|
|
3.
Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran dengan karakteristik pembelajaran
|
1 2
3 4 5
|
V
|
Metode
Pembelajaran
|
1 2
3 4 5
|
|
1.
Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan tujuan pembelajaran
|
1 2
3 4 5
|
|
2.
Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan materi pembelajaran
|
1 2
3 4 5
|
|
3.
Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan karakteristik peserta didik
|
1 2
3 4 5
|
VI
|
Penilaian
Hasil Belajar
|
1 2
3 4 5
|
|
1.
Kesesuaian tehnik penilaian dengan tujuan pembelajaran
|
1 2
3 4 5
|
|
2.
Kejelasan prosedur penilaian
|
1 2
3 4 5
|
|
3.
kelengkapan instrumen soal, kunci jawaban/pedoman penskoran
|
1 2
3 4 5
|
|
Nilai
Rata-rata
Jumlah butir
keseluruhan adalah 19
|
|
Catatan/Saran : ………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
..……, ………..
Dosen Pembimbing
Guru Pamong
………………..
.………………..
|
KEMENTERIAN
AGAMA
|
FORM
(FR)
|
No. Dokumen
|
:
|
FITK-FR-LABF-016
|
UIN JAKARTA
|
Tgl.
Terbit
|
:
|
1 Maret
2010
|
||
FITK
|
No. Revisi:
|
:
|
01
|
||
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
|
Hal
|
:
|
1/1
|
||
NILAI KOMPETENSI KEPRIBADIAN
|
Nama: ______________________ NIM : _____________ Jur/Prodi/Kls
: ______/______/____
Lokasi Praktik: __________________________________ Penilaian
Bulan Ke : 1 / 2 / 3 / 4 (lingkari)
PENJELASAN:
1. Penilaian
kompetensi kepribadian ini berlaku untuk seluruh perilaku praktikan selama
berada di sekolah/madrasah, yakni antara lain:
a.
Di dalam atau di luar kelas
b. Terhadap tugas dari guru pamong atau dari sekolah/madrasah
c.
Terhadap aturan yang berlaku
dalam PPKT dan sekolah/madrasah
2. Berilah tanda X
atau ü pada nilai angka
sesuai dengan pengamatan Anda:
5 = Sangat Baik; 4 = Baik; 3 = Sedang/Cukup; 2 =
Kurang; 1 = Sangat Kurang
NO
|
ASPEK PENILAIAN
|
NILAI
|
KOMENTAR
|
||||
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
Kepemimpinan
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Tanggung Jawab
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Kematangan Emosi
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Sosialisasi Diri
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Disiplin
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Kreativitas dan Inovasi
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Penampilan Berbusana
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Kebersihan dan erapihan
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Tata Krama
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor
Rata-rata:
Jumlah butir keseluruhan adalah 10
|
|
|
Mengetahui,
Guru
Pamong Pengajaran/Administrasi*)
______________________________
*) Coret yang tidak sesuai
|
KEMENTERIAN
AGAMA
|
FORM
(FR)
|
No. Dokumen
|
:
|
FITK-FR-LABF-019
|
UIN JAKARTA
|
Tgl.
Terbit
|
:
|
1 Maret
2010
|
||
FITK
|
No. Revisi:
|
:
|
01
|
||
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
|
Hal
|
:
|
1/1
|
||
PENILAIAN TEMAN
SEJAWAT
|
PETUNJUK PENILAIAN
1. Penilaian
kompetensi Sosial ini berlaku untuk seluruh perilaku praktikan selama berada di
sekolah/madrasah (di dalam atau di luar kelas), yakni antara
lain:
a.
Terhadap guru, siswa dan warga sekolah/madrasah
b. Terhadap aturan yang berlaku dalam PPKT dan sekolah/madrasah
2. Berilah tanda X
atau ü pada nilai angka
sesuai dengan pengamatan Anda:
5 = Sangat Baik; 4 = Baik; 3 = Sedang/Cukup; 2 =
Kurang; 1 = Sangat Kurang
NO
|
ASPEK PENILAIAN
|
NILAI
|
KOMENTAR
|
||||
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
Kedisiplinan (ketaatan mengikuti tatatertib)
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Penampilan dan berbusana
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Kesantunan berperilaku
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Kemampuan bekerjasama
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Kemampuan berkomunikasi
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Komitmen
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Keteladanan
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Semangat
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Empati
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Tanggung Jawab
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor
Rata-rata:
Jumlah butir keseluruhan adalah 10
|
|
Keterangan: Tanda Tangan
1. Setiap peserta menilai seluruh teman dalam
kelompok;
2. Penilaian ini dilakukan antar mahasiswa.
3. Hasil penilaian teman
sejawat ini diserahkan kepada dosen pembimbing,
oleh mahasiswa
yang menilai. ..............................
|
KEMENTERIAN AGAMA
|
FORM
(FR)
|
No. Dokumen
|
:
|
FITK-FR-LABF-023
|
UIN
JAKARTA
|
Tgl.
Terbit
|
:
|
1 Maret
2010
|
||
FITK
|
No. Revisi:
|
:
|
01
|
||
Jl. Ir. H. Juanda No 95
Ciputat 15412 Indonesia
|
Hal
|
:
|
1/1
|
||
PENILAIAN LAPORAN PENELITIAN
|
Nama :
__________________________________________________________________
NIM :
__________________________________________________________________
Jurusan/Prodi :___________________________________________________________________
Lokasi Penelitian :___________________________________________________________________
Judul
Penelitian :___________________________________________________________________
Laporan
penelitian diterima pada tanggal : ____________________________
|
ASPEK PENILAIAN
|
NILAI
|
KETERANGAN
|
1
|
Kejelasan
masalah penelitian
|
|
Nilai
dibuat dengan rentang 0-100 pada setiap aspek penilaian
|
2
|
Kesesuaian
masalah dengan judul
|
|
|
3
|
Kesesuaian
kajian teori dengan variabel/fokus penelitian
|
|
|
4
|
Kesesuaian
alat pengumpulan data dengan variabel/fokus penelitian
|
|
|
5
|
Ketepatan
penggunaan metode penelitian
|
|
|
6
|
Kualitas
deskripsi Data
|
|
|
7
|
Kualitas
analisis dan interpretasi data
|
|
|
8
|
Kualitas Penggunaan
bahasa
|
|
|
9
|
Ketepatan
Teknik Penulisan
|
|
|
10
|
Ketepatan
dalam penarikan kesimpulan, saran dan rekomendasi
|
|
|
Rata-Rata
(∑ / 10)
|
|
Tanggal:…………………………
Dosen
Pembimbing
Keterangan:
Nilai ini ditranskrip dan dilampirkan
pada lembar “Nilai
Akhir PPKT” untuk
diserahkan kepada
Lab. Pembelajaran FITK
___________________________
NIP.
|
KEMENTERIAN
AGAMA
|
FORM
(FR)
|
No. Dokumen
|
:
|
FITK-FR-LABF-023
|
|||
UIN JAKARTA
|
Tgl.
Terbit
|
:
|
1 Maret
2010
|
|||||
FITK
|
No. Revisi:
|
:
|
01
|
|||||
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
|
Hal
|
:
|
1/1
|
|||||
LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS BELAJAR SISWA
|
4.
Mata Pelajaran : …………………………………………………………….
|
NO
|
ASPEK YANG DIAMATI
|
DESKRIPSI
|
I
|
Pra
Pembelajaran
|
|
|
1. Tempat duduk masing-masing siswa
|
|
|
2. Kesiapan menerima pembelajaran
|
|
II
|
Kegiatan
Membuka Pelajaran
|
|
|
1. Menjawab pertanyaan guru
|
|
|
2. Mendengarkan
penjelasan tentang kompetensi yang
hendak dicapai
|
|
III
|
Kegiatan
Inti Pembelajaran
|
|
|
A.
Penjelasan materi pelajaran
|
|
|
1. Memperhatikan penjelasan materi pelajaran
|
|
|
2.
Bertanya saat proses penjelasan materi
|
|
|
3. Interaksi antar siswa
|
|
|
4. Interaksi antara siswa-guru, siswa-materi pelajaran
|
|
|
B. Pendekatan/Strategi Belajar
|
|
|
1. Keterlibatan dalam kegiatan belajar
|
|
|
2. Mengemukakan pendapat ketika diberikan kesempatan
|
|
|
3. Mencatat penjelasan yang disampaikan guru
|
|
|
4. Mengikuti proses pembelajaran
|
|
|
C.
Pemanfaatan Media Pembelajaran/Sumber Belajar
|
|
|
1. Interaksi antara siswa
dan media pembelajaran yang digunakan guru
|
|
|
2. Tertarik pada materi yang disajikan dengan media pembelajaran
|
|
|
3. Ketekunan dalam mempelajari sumber belajar yang ditentukan guru
|
|
|
D.
Penilaian Proses
|
|
|
1. Mengerjakan tugas/latihan yang
diberikan guru
|
|
|
2. Menjawab pertanyaan guru dengan benar
|
|
|
E.
Penggunaan Bahasa
|
|
|
1. Mengemukakan pendapat
|
|
|
2. Mengajukan pertanyaan
|
|
IV
|
PENUTUP
|
|
|
Keterlibatan dalam memberi rangkuman/kesimpulan
|
|
|
Pelajaran yang diperoleh dari hasil
pengamatan/observasi : .……………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...
Nama pengamat :………………………………..
Tanda Tangan :………………………………...
Tanggal:…………………………
Guru
Pamong
………………………………
|
KEMENTERIAN AGAMA
|
FORM
(FR)
|
No. Dokumen
|
:
|
FITK-FR-LABF-023
|
|||
UIN JAKARTA
|
Tgl.
Terbit
|
:
|
1 Maret
2010
|
|||||
FITK
|
No. Revisi:
|
:
|
01
|
|||||
Jl. Ir. H. Juanda No
95 Ciputat 15412 Indonesia
|
Hal
|
:
|
1/1
|
|||||
LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS
MENGAJAR
|
4.
Mata Pelajaran : …………………………………………………………….
|
NO
|
ASPEK YANG DIAMATI
|
DESKRIPSI
|
I
|
Pra
Pembelajaran
|
|
|
1. Pengaturan tempat duduk masing-masing
siswa
|
|
|
2. Pengkondisian kesiapan pelaksanaan pembelajaran
|
|
II
|
Kegiatan
Membuka Pelajaran
|
|
|
1. Mengajukan pertanyaan/apersepsi
|
|
|
2. Memberikan
penjelasan tentang kompetensi yang
hendak dicapai
|
|
III
|
Kegiatan
Inti Pembelajaran
|
|
|
A.
Penjelasan materi pelajaran
|
|
|
1. Memberikan penjelasan materi pelajaran
|
|
|
2.
Mengajukan pertanyaan saat
proses penjelasan materi
|
|
|
3. Memfasilitasi adanya interaksi antar
siswa
|
|
|
4. Memfasilitasi interaksi antara siswa-guru, siswa-materi
pelajaran
|
|
|
B. Pendekatan/Strategi Belajar
|
|
|
1. Melaksanakan pembelajaran aktif
|
|
|
2. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
|
|
|
3. Memberikan respon terhadap pertanyaan
dan jawaban siswa
|
|
|
4. Memotivasi siswa untuk bertanya
|
|
|
C.
Pemanfaatan Media Pembelajaran/Sumber Belajar
|
|
|
1. Kemampuan menggunakan media pembelajaran
|
|
|
2. Kesesuaian media dengan materi dan strategi
|
|
|
3. Penggunaan sumber belajar selain buku ajar dan LKS
|
|
|
D.
Penilaian Proses
|
|
|
1. Memberikan tugas/latihan
|
|
|
2. Melakukan penilaian
|
|
|
E.
Penggunaan Bahasa
|
|
|
1. Ketepatan penggunaan bahasa yang sesuai dengan perkembangan
peserta didik
|
|
|
2. Ketepatan penggunaan bahasa yang
sesuai dengan kaidah
|
|
IV
|
PENUTUP
|
|
|
Melakukan konfirmasi
Memberikan kesimpulan dan tindak lanjut
|
|
|
Pelajaran yang diperoleh dari hasil
pengamatan/observasi : .……………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...
Nama pengamat :………………………………..
Tanda Tangan :………………………………...
Tanggal:…………………………
Guru
Pamong
………………………………
|
KEMENTERIAN AGAMA
|
FORM (FR)
|
No. Dokumen
|
:
|
FITK-FR-LABF-023
|
UIN JAKARTA
|
Tgl.
Terbit
|
:
|
1
Maret 2010
|
||
FITK
|
No. Revisi:
|
:
|
01
|
||
Jl. Ir. H. Juanda No 95
Ciputat 15412 Indonesia
|
Hal
|
:
|
1/1
|
||
PENILAIAN LAPORAN AKHIR PPKT
|
Nama Mahasiswa : ………………………
NIM :
………………………
Tempat Praktik : ………………………
NO
|
Aspek Yang Dinilai
|
Nilai (N)
|
Bobot (B)
|
N x B
|
1
|
Sistematika Penulisan
|
|
1
|
|
2
|
Penggunaan Bahasa
|
|
3
|
|
3
|
Isi dan Kelengkapan Laporan
|
|
4
|
|
4
|
Kelengkapan Lampiran
|
|
2
|
|
Jumlah
|
10
|
|
Nilai Laporan = ∑ N x B
=
10
Penilai :
Nama Dosen pembimbing : ______________________________
NIP :
______________________________
Tandatangan : ______________________________
|
KEMENTERIAN
AGAMA
|
FORM
(FR)
|
No. Dokumen
|
:
|
FITK-FR-LABF-023
|
UIN JAKARTA
|
Tgl.
Terbit
|
:
|
1 Maret
2010
|
||
FITK
|
No. Revisi:
|
:
|
01
|
||
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
|
Hal
|
:
|
1/1
|
||
DESKRIPSI PENILAIAN LAPORAN AKHIR PPKT
|
1.
Sistematika Penulisan
Deskriptor : a. Tatatulis
sesuai dengan yang disarankan dalam pedoman ini.
b. Format penulisan sesuai dengan yang disarankan
dalam pedoman ini.
- Penggunaan Bahasa
Deskriptor : a. Menggunakan
bahasa Indonesia yang baku dan benar.
b. Menggunakan bahasa formal/ilmiah.
- Isi Laporan
Deskriptor : a. Memuat
bab-bab yang lengkap sesuai format laporan
b. Bab pendahuluan memuat pentingnya PPKT kompetensi
yang ingin diperoleh dan garis besar
isi laporan secara jelas dan runtut.
c. Bab pelaksanaa PPKT memuat uraian siklus pertama
hingga terakhir yang diungkap secara
jelas.
d. Mengemukakan hambatan dalam melaksanakan PPKT dan
upaya pemecahannya dengan jelas dan rasional.
e. Penutup memuat kesimpulan dan saran yang lugas dan
rasional.
- Kelengkapan Lampiran
Deskriptor : a. Memuat
minimal 8 (delapan) RPP yang direvisi.
b. Memuat hasil diskusi pembahasan RPP dan
refleksi.
c. Memuat foto kegiatan PPKT.
|
KEMENTERIAN AGAMA
|
FORM (FR)
|
No. Dokumen
|
:
|
FITK-FR-LABF-023
|
UIN
JAKARTA
|
Tgl.
Terbit
|
:
|
1
Maret 2010
|
||
FITK
|
No. Revisi:
|
:
|
01
|
||
Jl. Ir. H. Juanda No 95
Ciputat 15412 Indonesia
|
Hal
|
:
|
1/1
|
||
LAPORAN PELAKSANAAN PPKT
|
- Hal-hal yang Dilaporkan
Garis besar
laporan pelaksanaan PPKT memuat :
- Kata Pengantar, berisi tujuan PPKT dan ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu pelaksanaan PPKT. (individu)
- Pendahuluan , berisi antara lain: pentingnya melaksanakan PPKT, khususnya dalam mencapai kompetensi yang diperlukan guru, garis besar isi laporan dann hal-hal yang sangat penting dan menarik dalam pelaksanaan PPKT. (kelompok)
- Pelaksanaan PPKT, berisi antara lain: jadwal perencanaan pelaksanaan PPKT, uraian setia[p kegiatan PPKT seperti penyusunan RPP dan pembahasannya, implementasi RPP di kelas dan kegiatan refleksi, tuliskan situasi, kondisi dan kejadian-kejadian penting dan hasil dalam setiap kegiatan. Tuliskan pula kondisi siswa dan respon /tanggapan para siswa selama implementasi RPP yang didukung dengan hasil refleksi yang bersesuaian. (individu)
- Hambatan Pelaksanaan PPKT dan Pemecahannya, berisi antara lain: kendala/hambatan apa saja yang terjadi selama kegiatan pelaksanaan PPKT, misalnya: waktu, kondisi siswa, alat atau media pembelajaran, kekompakan kelompok, hambatan yang datang dari kepala sekolah, guru pamong atau dosen pembimbing, dan sebagainya. Selanjutnya, tuliskan cara pemecahan yang diambil saat itu disertai alasannya. (individu)
- Penutup, berisi kesimpulan pelaksanaan PPKT dan saran-saran yang perlu disampaikan agar pelaksanaan PPKT yang akan datang dapat lebih baik. (individu)
- Lampiran, memuat jadwal kegiatan PPKT, semua RPP yang telah direvisi berdasarkan pembahasannya dan refleksi setelah diimplementasikan di kelas, hasil diskusi dalam pembahasan RPP dan hasil diskusi dalam kegiatan refleksi, foto-foto kegiatan. (individu)
- Tatatulis Laporan
Penulisan
laporan PPKT mengikuti aturan tatatulis sebagai berikut:
- Menggunakan kertas ukuran A4 jenis HVS
- Menggunakan huruf Times New Roman dengan ukuran 12 atau Arial ukuran 11
- Jarak margin tepi kiri 4 cm, kanan 3 cm, atas 4 cm, bawah 3 cm.
- Jarak antar baris 1,5 spasi.
|
KEMENTERIAN AGAMA
|
FORM (FR)
|
No. Dokumen
|
:
|
FITK-FR-LABF-023
|
UIN
JAKARTA
|
Tgl.
Terbit
|
:
|
1
Maret 2010
|
||
FITK
|
No. Revisi:
|
:
|
01
|
||
Jl. Ir. H. Juanda No 95
Ciputat 15412 Indonesia
|
Hal
|
:
|
1/1
|
||
LAPORAN PELAKSANAAN PPKT
|
- Format Penulisan Laporan
Halaman Judul
Halaman
Pengesahan Laporan PPKT
Kata Pengantar
Daftar Lampiran
Daftar Isi
BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
2.
Tujuan
3.
Manfaat
4.
Sistematika
BAB II PROFIL SEKOLAH/MADRASH
1.
Sejarah Singkat
Sekolah/Madrasah
2.
Visi, Misi, dan Tujuan
3.
Guru dan Tenaga Kependidikan
4.
Siswa
5.
Sarana dan Prasarana
6.
Lainya yang relevan
BAB III
PELAKSANAAN PPKT
A.
Persiapan (Observasi, Orientasi
dan Penyusunan Program Kegiatan/Jadwal)
B.
Pelaksanaan Praktik Mengajar
1.
Pelaksanaan Praktik Mengajar
Terbimbing/ Asistensi
2.
Pelaksanaan Praktik Mengajar
Mandiri
3.
Hambatan dan Solusi
4.
Pelajaran yang didapat dari
Praktik Mengajar (Lesson Learn)
C.
Pelaksanaan Praktik Pengelolaan
Kependidikan
1. Pelaksanaan Praktik Pengelolaan Kependidikan
2. Hambatan dan Solusi
3. Pelajaran yang didapat dari Pengelolaan Kependidikan (Lesson
Learn)
D.
Pelaksanaan Praktik Penelitian
Kependidikan (Ringkasan Hasil Praktik Penelitian Pendidikan)
BAB IV PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
|
KEMENTERIAN AGAMA
|
FORM (FR)
|
No. Dokumen
|
:
|
FITK-FR-LABF-023
|
UIN JAKARTA
|
Tgl.
Terbit
|
:
|
1 Maret
2010
|
||
FITK
|
No. Revisi:
|
:
|
01
|
||
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
|
Hal
|
:
|
1/1
|
||
COVER LAPORAN PPKT
|
|
LAPORAN
PRAKTIK PROFESI KEGURUAN
TERPADU
(PPKT)
Oleh
Fathul Munir
NIM. 105011000179
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN
KEGURUAN
UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
2013
|
KEMENTERIAN
AGAMA
|
FORM
(FR)
|
No. Dokumen
|
:
|
FITK-FR-LABF-023
|
UIN JAKARTA
|
Tgl.
Terbit
|
:
|
1 Maret
2010
|
||
FITK
|
No. Revisi:
|
:
|
01
|
||
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
|
Hal
|
:
|
1/1
|
||
CONTOH HALAMAN PENGESAHAN LAPORAN PPKT
|
|
Contoh Halaman Pengesahan Laporan PPKT
LAPORAN
PRAKTIK PROFESI KEGURUAN
TERPADU
(PPKT)
Lokasi PPKT : MI Madrasah Pembangunan
Jl. Ir. H. Juanda
Telp. (021) 749XXXX
Fax : (021) 749 XXXX
Email : support@mp-uin.sch.id
Diajukan untuk
melengkapi salah satu tugas mata kuliah PPKT
Menyetujui
Dosen
Pembimbing
Kepala
Sekolah/ Madrasah
…………………….. ……………………
NIP. NIP.
|
KEMENTERIAN AGAMA
|
FORM (FR)
|
No. Dokumen
|
:
|
FITK-FR-LABF-027
|
|||
UIN
JAKARTA
|
Tgl.
Terbit
|
:
|
1
Maret 2010
|
|||||
FITK
|
No. Revisi:
|
:
|
01
|
|||||
Jl. Ir. H. Juanda No 95
Ciputat 15412 Indonesia
|
Hal
|
:
|
1/1
|
|||||
OBSERVASI
SEKOLAH/MADRASAH*
|
A. IDENTITAS SEKOLAH/MADRASAH
Nama Sekolah/Madrasah : __________________________Tahun
Berdiri : ______
Nama Yayasan (bila ada) : __________________________Tahun
Berdiri : ______
Alamat Sekolah/Madarasah :
__________________________Telp./Fax : __________
B. DATA ROMBONGAN
BELAJAR (ROMBEL) DAN GURU
NO
|
MATA PELAJARAN
|
KLS
|
JUMLAH ROMBEL
|
NAMA GURU PENGAMPU
|
PEND. TERAKHIR
|
TAHUN MULAI MENGAJAR
|
1
|
Pendidikan Agama Islam (untuk sekolah umum)
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
||
3
|
|
|
|
|
||
2
|
Al-Quran-Hadits
(untuk madrasah)
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
||
3
|
|
|
|
|
||
3
|
Akidah Akhlak
(untuk madrasah)
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
||
3
|
|
|
|
|
||
4
|
Fikih
(untuk madrasah)
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
||
3
|
|
|
|
|
||
5
|
Sejarah Islam
(untuk madrasah)
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
||
3
|
|
|
|
|
||
6
|
Bahasa Arab
(untuk madrasah)
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
||
3
|
|
|
|
|
||
7
|
Bahasa Inggris
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
||
3
|
|
|
|
|
||
8
|
Ilmu Pengetahuan
Sosial
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
||
3
|
|
|
|
|
||
9
|
Matematika
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
||
3
|
|
|
|
|
||
10
|
Biologi
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
||
3
|
|
|
|
|
||
11
|
Fisika
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
||
3
|
|
|
|
|
||
12
|
Kimia
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
||
3
|
|
|
|
|
C. LAIN-LAIN
NO
|
SARANA PENDUKUNG
|
KET**
|
|
NO
|
KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
|
KET**
|
1.
|
Mesjid/Mushola
|
|
|
1.
|
Pramuka
|
|
2.
|
Perpustakaan
|
|
|
2.
|
Palang
Merah
|
|
3.
|
Lapangan
Olah Raga
|
|
|
3.
|
Pengajian
Siswa/Lembaga Dakwah Siswa
|
|
4.
|
Alat-alat
Kesenian
|
|
|
4.
|
Buletin/Majalah
Sekolah
|
|
5.
|
Alat-alat
Keterampilan
|
|
|
5.
|
Seni
Musik
|
|
6.
|
Laboratorium
M-IPA
|
|
|
6.
|
Seni
Lukis/Kaligrafi
|
|
7.
|
Laboratorium
Komputer
|
|
|
7.
|
Olah Raga (Termasuk Bela Diri)
|
|
Keterangan: Tanggal:……………………………..
* Gunakan kertas tambahan bila
diperlukan Mengetahui,
** Beri tanda ü (checklist) bila ada/tersedia
Observer
Kepala Sekolah/Madrasah
di sekolah/madrasah lokasi PPKT
|
(_____________) (_____________)
|
KEMENTERIAN
AGAMA
|
FORM
(FR)
|
No. Dokumen
|
:
|
FITK-FR-LABF-024
|
UIN JAKARTA
|
Tgl.
Terbit
|
:
|
1 Maret
2010
|
||
FITK
|
No. Revisi:
|
:
|
01
|
||
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
|
Hal
|
:
|
1/1
|
||
PENILAIAN AKHIR PPKT*
|
Nama : _____________________ NIM: _____________ Jur/Prodi/Kls : _______ /_______ /_______
Jumlah Praktik Mengajar : _______ Tgl. Ujian : _________
Nama Sekolah/Madrasah : _________________________
Alamat Sekolah/Madrasah:_____________________________________________________________
Nama Guru Pamong Pengajaran :_____________________________
Nama Guru Pamong Administrasi : _____________________________
PETUNJUK
PENILAIAN
·
Nilai akhir PPKT diisi oleh Dosen Pembimbing
sebagaimana format dibawah
·
Nilai N1, N2 N3, N4, N5 adalah nilai
rata-rata dari setiap aspek penilaian dikali bobot
A. NILAI UJIAN PRAKTIK MENGAJAR (N-1)
ASPEK PENILAIAN
|
NILAI
RATA2
|
BOBOT
|
N1
|
Kompetensi
Pedagogik dan Profesional
|
|
4
|
|
B. NILAI KOMPETENSI KEPRIBADIAN (N-2)
ASPEK PENILAIAN
|
NILAI
RATA2
|
BOBOT
|
N2
|
Kompetensi
Kepribadian
1. Pamong
Administrasi
2. Guru
Pamong
3. Teman
Sebaya
4. Dosen
Pembimbing
|
|
1
|
|
C. NILAI KEGIATAN PENGABDIAN KEPENDIDIKAN (N-3)
BULAN
KE..
|
ASPEK PENILAIAN
|
NILAI RATA2
|
BOBOT
|
N3
|
A.
KEG. KEPENDIDIKAN (tulis jenis kegiatannya)
|
||||
I
|
|
|
2
|
|
II
|
|
|
||
III
|
|
|
||
IV
|
|
|
||
|
B.
KEG. ADMINISTRASI PENDIDIKAN (tulis jenis kegiatannya)
|
|
||
I
|
|
|
||
II
|
|
|
||
III
|
|
|
||
IV
|
|
|
||
Rata-Rata (∑ / 8)
|
|
- NILAI LAPORAN PENELITIAN (N-4)
JUDUL PENELITIAN
|
NILAI RATA2
|
BOBOT
|
N4
|
|
|
2
|
|
- NILAI LAPORAN PELAKSANAAN PPKT (N-5)
JUDUL LAPORAN
|
NILAI RATA2
|
BOBOT
|
N5
|
|
|
1
|
|
NILAI AKHIR PPKT (NA) :
Tanggal, .......…………………
|
Keterangan: _______________________
* Form ini oleh Dosen Pembimbing diserahkan kepada Laboratorium Pembelajaran FITK (Pelaksana
PPKT) bersamaan dengan seluruh form dari Guru Pamong dan Mahasiswa.
|
KEMENTERIAN
AGAMA
|
FORM
(FR)
|
No. Dokumen
|
:
|
FITK-FR-LABF-025
|
UIN JAKARTA
|
Tgl.
Terbit
|
:
|
1 Maret
2010
|
||
FITK
|
No. Revisi:
|
:
|
01
|
||
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
|
Hal
|
:
|
1/1
|
||
KUNJUNGAN DOSEN PEMBIMBING
|
Nama Dosen Pembimbing : _________________________________________________________
Nama Sekolah/Madrasah :_________________________________________________________
Alamat Sekolah/Madrasah :_________________________________________________________
Jumlah Mahasiswa :_________________________________________________________
NO
|
YANG DITEMUI
|
AGENDA KUNJUNGAN
|
TEMPAT
|
TANDA
TANGAN PIMPINAN SEKOLAH/ MADRASAH
|
STEMPEL SEKOLAH/ MADRASAH
|
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
Tanggal: ………………………………………..
Tanda Tangan
Dosen Pembimbing
(_________________________)
KEMENTERIAN
AGAMA
|
FORM
(FR)
|
No. Dokumen
|
:
|
FITK-FR-LABF-018
|
|
UIN JAKARTA
|
Tgl.
Terbit
|
:
|
1 Maret
2010
|
||
FITK
|
No. Revisi:
|
:
|
01
|
||
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
|
Hal
|
:
|
1/1
|
||
LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK
PEMBELAJARAN
|
Bulan
Ke
: 1 / 2 / 3 / 4 (lingkari)
Nama
: ___________________ NIM :
_____________ Jur/Prodi/Kls : ______/_______/___
Jenis Kegiatan: _____________________________________
Lama Kegiatan : _________
Bukti :
____________________________________________________ (terlampir)
1. DESKRIPSI KEGATAN :
___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2. KENDALA :
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3.
SOLUSI :
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Tanggal
:
Mengetahui
Guru Pamong
.............................................
|
KEMENTERIAN
AGAMA
|
FORM
(FR)
|
No. Dokumen
|
:
|
FITK-FR-LABF-018
|
UIN JAKARTA
|
Tgl.
Terbit
|
:
|
1 Maret
2010
|
||
FITK
|
No. Revisi:
|
:
|
01
|
||
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
|
Hal
|
:
|
1/1
|
||
LAPORAN KEGIATAN PENELITIAN
|
Bulan
Ke
: 1 / 2 / 3 / 4 (lingkari)
Nama
: _____________________ NIM :
____________ Jur/Prodi/Kls : ______/_____/___
Jenis Kegiatan: ____________________________________ Lama
Kegiatan : _________
Bukti
: __________________________________________________ (terlampir)
1. DESKRIPSI KEGATAN :
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2. KENDALA :
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3.
SOLUSI :
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Tanggal
:
Mengetahui
Dosen
Pambimbing
........................................................
|
KEMENTERIAN
AGAMA
|
FORM
(FR)
|
No. Dokumen
|
:
|
FITK-FR-LABF-018
|
UIN JAKARTA
|
Tgl.
Terbit
|
:
|
1 Maret
2010
|
||
FITK
|
No. Revisi:
|
:
|
01
|
||
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
|
Hal
|
:
|
1/1
|
||
LAPORAN KEGIATAN PENGABDIAN
KEPENDIDIKAN
|
Bulan
Ke
: 1 / 2 / 3 / 4 (lingkari)
Nama
: _________________ NIM :
____________ Jur/Prodi/Kls : ______/______/___
Jenis Kegiatan: __________________________________ Lama
Kegiatan : ________
Bukti
: _______________________________________________ (terlampir)
1. DESKRIPSI KEGATAN :
___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2. KENDALA :
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3.
SOLUSI :
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Tanggal
:
Mengetahui
Guru Pamong Administrasi
........................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar