Kamis, 21 Maret 2013

Form Penilaian PPKT 2013




 


KEMENTERIAN AGAMA
FORM (FR)
No. Dokumen
:
FITK-FR-LABF-021
UIN JAKARTA
Tgl. Terbit
:
1 Maret 2010
FITK
No. Revisi:
:
01
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
Hal
:
1/1
INSTRUMEN PENILAIAN PRAKTIK MENGAJAR

    Nama : _______________________                   NIM: _____________     Jur/Prodi/Kls : ______/_______/____
    Praktik Mengajar ke : ____   Tgl.: _________                                   Mata Pelajaran : _______________________
    Nama Sekolah/Madrasah : -----------------------------------------------
    Petunjuk Penilaian :
1.        5 = Sangat Baik; 4 = Baik; 3 = Sedang/Cukup; 2 = Kurang; 1 = Sangat Kurang
2.       Lingkarilah Skor Penilaian
3.       Jumlahkanlah Skor Total dan Buat Skor Rata-rata

NO
INDIKATOR/ASPEK YANG DINILAI
SKOR
I
PRA PEMBELAJARAN


1. Menyiapkan ruang,alat pembelajaran dan media
1  2  3  4 5

2. Memeriksa kesiapan siswa
1  2  3  4 5
II
MEMBUKA PEMBELAJARAN
1  2  3  4 5

1. Melakukan kegiatan apersepsi
1  2  3  4 5

2. Menyampaikan indikator pencapaian kompetensi
1  2  3  4 5
III
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN
1  2  3  4 5
A
Penguasaan materi pelajaran
1  2  3  4 5

1. Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran
1  2  3  4 5

2. Mengaitkan materi dengan pengetahuan yang relevan
1  2  3  4 5

3. Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan
1  2  3  4 5

4. Mencapai tujuan komunikatif
1  2  3  4 5

5. Menggunakan struktur logika/retorika
1  2  3  4 5

6. menyampaikan materi sesuai dengan hirarki belajar
1  2  3  4 5

7. Mengintegrasikan kerja ilmiah dalam pembelajaran
1  2  3  4 5
B
Pendekatan/strategi pembelajaran
1  2  3  4 5

1. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang  akan dicapai
1  2  3  4 5

2. Melaksanakan pembelajaran secara runtut
1  2  3  4 5

3. Menguasai kelas
1  2  3  4 5

4. Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
1  2  3  4 5

5. Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan  tumbuhnya kebiasaan yang positif
1  2  3  4 5

6. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
1  2  3  4 5

7. Melaksanakan pembelajaran yang aktif dan partisipatif siswa
1  2  3  4 5

8. Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan kegiatan eksplorasi
1  2  3  4 5

9. Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan kegiatan elaborasi
1  2  3  4 5

10.Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan kegiatan  konfirmasi
1  2  3  4 5
C
Pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran
1  2  3  4 5

1. Menunjukkan keterampilan dalam menggunakan sumber belajar/media pembelajaran
1  2  3  4 5

2. Menghasilkan pesan yang menarik dari penggunaan sumber belajar
1  2  3  4 5

3. Melibatkan siswa dalam  pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran
1  2  3  4 5
D
Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa
1  2  3  4 5

1. Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru, siswa, sumber belajar
1  2  3  4 5

2. Merespon positif partisispasi aktif siswa
1  2  3  4 5

3. Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon siswa
1  2  3  4 5

4. Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif
1  2  3  4 5

5. Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar
1  2  3  4 5

6. Membantu siswa dalam membentuk sikap cermat dan kritis
1  2  3  4 5
E
Penilaian proses dan hasil belajar
1  2  3  4 5

1. Memantau kemajuan belajar/indikator pencapaian
1  2  3  4 5

2. Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi
1  2  3  4 5
F
Penggunaan bahasa
1  2  3  4 5

1. Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan benar
1  2  3  4 5

2. menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar
1  2  3  4 5

3. menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
1  2  3  4 5
IV
PENUTUP
1  2  3  4 5

1. Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
1  2  3  4 5

2. Melakukan tindak lanjut dengan memberi arahan atau tugas sebagai kegiatan remedi
1  2  3  4 5

Skor Rata-rata:
Jumlah butir keseluruhan adalah 37

    Catatan/Saran : ………………………………………………………………………
                             ………………………………………………………………………    
                             ………………………………………………………………………
                             ………………………………………………………………………    
                                                                                                    ……, …………..

Dosen Pembimbing                                                                                     Guru Pamong



………………….............                                                                                     …………………....................
NIP.                                                                                                                             NIP.


 


        KEMENTERIAN AGAMA
FORM (FR)
No. Dokumen
:
FITK-FR-LABF-021
UIN  JAKARTA
Tgl. Terbit
:
1 Maret 2010
        FITK
No. Revisi:
:
01
                  Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
Hal
:
1/1
INSTRUMEN PENILAIAN RPP

Nama : ______________________                    NIM: _____________     Jur/Prodi/Kls : ______/_______/____
Praktik Mengajar ke : ____   Tgl.: _____________________      Mata Pelajaran : _______________________
    Nama Sekolah/Madrasah : -----------------------------------------------
    Petunjuk Penilaian :
1.        5 = Sangat Baik; 4 = Baik; 3 = Sedang/Cukup; 2 = Kurang; 1 = Sangat Kurang
2.       Lingkarilah Skor Penilaian
3.       Jumlahkanlah Skor Total dan Buat Skor Rata-rata

NO
KOMPONEN RENCANA PEMBELAJARAN YANG DINILAI
SKOR
I
Perumusan Indikator Pencapaian KD


1. Perumusan IPKD
1  2  3  4 5

2. Kelengkapan cakupan rumusan
1  2  3  4 5

3. kesesuaian dengan KD
1  2  3  4 5
II
Perumusan Tujuan Pembelajaran
1  2  3  4 5

1. Kejelasan rumusan
1  2  3  4 5

2. Kelengkapan cakupan rumusan
1  2  3  4 5

3. Kesesuaian dengan kompetensi dasar
1  2  3  4 5
III
Pemilihan dan Pengorganisasian Materi Ajar
1  2  3  4 5

1. Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
1  2  3  4 5

2. kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
1  2  3  4 5

3. Keruntutan dan sistematika materi
1  2  3  4 5

4. Kesesuaian materi dengan alokasi waktu
1  2  3  4 5
IV
Pemilihan Sumber Belajar/Media Pembelajaran
1  2  3  4 5

1. Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran dengan tujuan     
Pembelajaran
1  2  3  4 5

2. Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran dengan materi pembelajaran
1  2  3  4 5

3. Kesesuaian sumber belajar/media pembelajaran dengan karakteristik pembelajaran
1  2  3  4 5
V
Metode Pembelajaran
1  2  3  4 5

1. Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan tujuan pembelajaran
1  2  3  4 5

2. Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan  materi pembelajaran
1  2  3  4 5

3. Kesesuaian strategi dan metode pembelajaran dengan  karakteristik peserta didik
1  2  3  4 5
VI
Penilaian Hasil Belajar
1  2  3  4 5

1. Kesesuaian tehnik penilaian dengan tujuan pembelajaran
1  2  3  4 5

2. Kejelasan prosedur penilaian
1  2  3  4 5

3. kelengkapan instrumen soal, kunci jawaban/pedoman penskoran
1  2  3  4 5

Nilai Rata-rata
Jumlah butir keseluruhan adalah  19

Catatan/Saran : ………………………………………………………………………
                          ………………………………………………………………………     
                                                                                                        ..……, ………..
Dosen Pembimbing                                                                        Guru Pamong


………………..                                                                               .………………..


 


KEMENTERIAN AGAMA
FORM (FR)
No. Dokumen
:
FITK-FR-LABF-016
UIN JAKARTA
Tgl. Terbit
:
1 Maret 2010
FITK
No. Revisi:
:
01
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
Hal
:
1/1
NILAI KOMPETENSI KEPRIBADIAN

Nama: ______________________                NIM : _____________       Jur/Prodi/Kls : ______/______/____
Lokasi Praktik: __________________________________      Penilaian Bulan Ke : 1 / 2 / 3 / 4  (lingkari)
PENJELASAN:
1.       Penilaian kompetensi kepribadian ini berlaku untuk seluruh perilaku praktikan selama berada di sekolah/madrasah, yakni antara lain:
a.        Di dalam atau di luar kelas
b.       Terhadap tugas dari guru pamong atau dari sekolah/madrasah
c.        Terhadap aturan yang berlaku dalam PPKT dan sekolah/madrasah
2.       Berilah tanda X atau ü pada nilai angka sesuai dengan pengamatan Anda:
5 = Sangat Baik; 4 = Baik; 3 = Sedang/Cukup; 2 = Kurang; 1 = Sangat Kurang

NO
ASPEK PENILAIAN
NILAI
KOMENTAR
5
4
3
2
1
1.
Kepemimpinan







2.
Tanggung Jawab







3.
Kematangan Emosi







4.
Sosialisasi Diri







5.
Disiplin







6.
Kerjasama







7.
Kreativitas dan Inovasi







8.
Penampilan Berbusana







9.
Kebersihan dan erapihan







10.
Tata Krama








Skor Rata-rata:
Jumlah butir keseluruhan adalah  10


Keterangan:
1.     Penilaian dilakukan satu kali dalam satu bulan.
2.    Form nilai ini diserahkan oleh Guru Pamong Pengajaran dan Administrasi kepada Dosen Pembimbing setiap akhir bulan.
 
Tanggal: ……………………………………
Mengetahui,
Guru Pamong Pengajaran/Administrasi*)





                                                                                                                ______________________________
*) Coret yang tidak sesuai


 


KEMENTERIAN AGAMA
FORM (FR)
No. Dokumen
:
FITK-FR-LABF-019
UIN JAKARTA
Tgl. Terbit
:
1 Maret 2010
FITK
No. Revisi:
:
01
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
Hal
:
1/1
PENILAIAN TEMAN SEJAWAT
     
       PETUNJUK PENILAIAN
1.       Penilaian kompetensi Sosial ini berlaku untuk seluruh perilaku praktikan selama berada di sekolah/madrasah (di dalam atau di luar kelas), yakni antara lain:
a.        Terhadap guru, siswa dan warga sekolah/madrasah
b.       Terhadap aturan yang berlaku dalam PPKT dan sekolah/madrasah
2.       Berilah tanda X atau ü pada nilai angka sesuai dengan pengamatan Anda:
5 = Sangat Baik; 4 = Baik; 3 = Sedang/Cukup; 2 = Kurang; 1 = Sangat Kurang
NO
ASPEK PENILAIAN
NILAI
KOMENTAR
5
4
3
2
1
1.
Kedisiplinan (ketaatan mengikuti tatatertib)








2.
Penampilan dan berbusana







3.
Kesantunan berperilaku








4.
Kemampuan bekerjasama








5.
Kemampuan berkomunikasi








6.
Komitmen








7.
Keteladanan








8.
Semangat








9.
Empati








10.
Tanggung Jawab









Skor Rata-rata:
Jumlah butir keseluruhan adalah  10


Keterangan:                                                                                               Tanda Tangan

1. Setiap peserta menilai seluruh teman dalam kelompok;
2. Penilaian ini dilakukan antar mahasiswa.
3. Hasil penilaian teman sejawat ini diserahkan kepada dosen pembimbing,
    oleh mahasiswa yang menilai.                                                                                                       ..............................


 


KEMENTERIAN AGAMA
FORM (FR)
No. Dokumen
:
FITK-FR-LABF-023
UIN JAKARTA
Tgl. Terbit
:
1 Maret 2010
FITK
No. Revisi:
:
01
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
Hal
:
1/1
PENILAIAN LAPORAN PENELITIAN

Nama                       : __________________________________________________________________
NIM                         : __________________________________________________________________
Jurusan/Prodi         :___________________________________________________________________
Lokasi Penelitian   :___________________________________________________________________
Judul Penelitian      :___________________________________________________________________
                                   
Laporan penelitian diterima pada tanggal : ____________________________


ASPEK PENILAIAN
NILAI
KETERANGAN
1
Kejelasan masalah penelitian

Nilai dibuat dengan rentang 0-100 pada setiap aspek penilaian
2
Kesesuaian masalah dengan judul

3
Kesesuaian kajian teori dengan variabel/fokus penelitian

4
Kesesuaian alat pengumpulan data dengan variabel/fokus penelitian

5
Ketepatan penggunaan metode penelitian

6
Kualitas deskripsi Data

7
Kualitas analisis dan interpretasi data

8
Kualitas Penggunaan bahasa

9
Ketepatan Teknik Penulisan

10
Ketepatan dalam penarikan kesimpulan, saran dan rekomendasi

Rata-Rata   (∑ / 10)



                                                                                    Tanggal:…………………………
                                                                    Dosen Pembimbing
Keterangan:
Nilai ini ditranskrip dan dilampirkan
pada lembar “Nilai Akhir PPKT” untuk
diserahkan kepada Lab. Pembelajaran FITK
                                                                                                                ___________________________
                                      NIP.


 


          KEMENTERIAN AGAMA
FORM (FR)
No. Dokumen
:
FITK-FR-LABF-023
UIN    JAKARTA
Tgl. Terbit
:
1 Maret 2010
          FITK
No. Revisi:
:
01
                      Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
Hal
:
1/1
LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS BELAJAR SISWA



  1. Nama Mahasiswa    : …………………….………………………………………
  2. Tempat Praktik         : …………………………………………………………...
  3. Kelas                        : …………………………………………………………….
4.                                                                  Mata Pelajaran         : …………………………………………………………….
  1. Waktu                      : …………………………………………………………….
  2. Tanggal                    : …………………………………………………………….

NO
ASPEK YANG DIAMATI
DESKRIPSI
I
Pra Pembelajaran


1. Tempat duduk masing-masing siswa


2. Kesiapan menerima pembelajaran

II
Kegiatan Membuka Pelajaran


1. Menjawab pertanyaan guru


2. Mendengarkan penjelasan tentang  kompetensi yang hendak dicapai

III
Kegiatan Inti Pembelajaran


A. Penjelasan materi pelajaran


1. Memperhatikan penjelasan materi pelajaran


2. Bertanya saat proses penjelasan materi


3. Interaksi  antar siswa


4. Interaksi antara siswa-guru, siswa-materi pelajaran


B. Pendekatan/Strategi Belajar


1. Keterlibatan dalam kegiatan belajar


2. Mengemukakan pendapat ketika diberikan kesempatan


3. Mencatat  penjelasan yang disampaikan guru


4. Mengikuti proses pembelajaran


C. Pemanfaatan Media Pembelajaran/Sumber Belajar


1. Interaksi  antara siswa dan media pembelajaran yang digunakan guru


2. Tertarik pada materi yang disajikan dengan media pembelajaran


3. Ketekunan dalam mempelajari sumber belajar yang ditentukan guru


D. Penilaian Proses


1. Mengerjakan tugas/latihan yang diberikan guru


2. Menjawab pertanyaan guru dengan benar


E. Penggunaan Bahasa


1. Mengemukakan pendapat


2. Mengajukan pertanyaan

IV
PENUTUP


Keterlibatan dalam  memberi  rangkuman/kesimpulan




Pelajaran yang diperoleh dari hasil pengamatan/observasi : .……………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...

Nama pengamat          :………………………………..
Tanda Tangan             :………………………………...
                                                                                                                                                                                                                                                Tanggal:…………………………
                                                                                    Guru Pamong


                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        ………………………………






 


           KEMENTERIAN AGAMA
FORM (FR)
No. Dokumen
:
FITK-FR-LABF-023
UIN    JAKARTA
Tgl. Terbit
:
1 Maret 2010
           FITK
No. Revisi:
:
01
                        Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
Hal
:
1/1
LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS MENGAJAR
                                              
  1. Nama Mahasiwa    : …………………….………………………………………
  2. Tempat Praktik         : …………………………………………………………...
  3. Kelas                        : …………………………………………………………….
4.      Mata Pelajaran         : …………………………………………………………….
  1. Waktu                      : …………………………………………………………….
  2. Tanggal                    : …………………………………………………………….

NO
ASPEK YANG DIAMATI
DESKRIPSI
I
Pra Pembelajaran


1. Pengaturan tempat duduk masing-masing siswa


2. Pengkondisian kesiapan pelaksanaan pembelajaran

II
Kegiatan Membuka Pelajaran


1. Mengajukan pertanyaan/apersepsi


2. Memberikan penjelasan tentang  kompetensi yang hendak dicapai

III
Kegiatan Inti Pembelajaran


A. Penjelasan materi pelajaran


1. Memberikan penjelasan materi pelajaran


2. Mengajukan pertanyaan saat proses penjelasan materi


3. Memfasilitasi adanya interaksi antar siswa


4. Memfasilitasi interaksi antara siswa-guru, siswa-materi pelajaran


B. Pendekatan/Strategi Belajar


1. Melaksanakan pembelajaran aktif


2. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya


3. Memberikan respon terhadap pertanyaan dan jawaban siswa  


4. Memotivasi siswa untuk bertanya


C. Pemanfaatan Media Pembelajaran/Sumber Belajar


1. Kemampuan menggunakan media pembelajaran


2. Kesesuaian media dengan materi dan strategi  


3. Penggunaan sumber belajar selain buku ajar dan LKS


D. Penilaian Proses


1. Memberikan tugas/latihan


2. Melakukan penilaian


E. Penggunaan Bahasa


1. Ketepatan penggunaan bahasa yang sesuai dengan perkembangan peserta didik


2. Ketepatan penggunaan bahasa yang sesuai dengan kaidah

IV
PENUTUP


Melakukan konfirmasi
Memberikan  kesimpulan dan tindak lanjut





Pelajaran yang diperoleh dari hasil pengamatan/observasi : .……………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...

Nama pengamat          :………………………………..
Tanda Tangan             :………………………………...
                                                                                               
                               Tanggal:…………………………
                                                                                    Guru Pamong


                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            ………………………………




 


          KEMENTERIAN AGAMA
FORM (FR)
No. Dokumen
:
FITK-FR-LABF-023
          UIN JAKARTA
Tgl. Terbit
:
1 Maret 2010
          FITK
No. Revisi:
:
01
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
Hal
:
1/1
PENILAIAN LAPORAN AKHIR PPKT

Nama Mahasiswa        : ………………………
NIM                            : ………………………
Tempat Praktik            : ………………………


NO
Aspek Yang Dinilai
Nilai (N)
Bobot (B)
N x B
1
Sistematika Penulisan

1

2
Penggunaan Bahasa

3

3
Isi dan Kelengkapan Laporan

4

4
Kelengkapan Lampiran

2

Jumlah
10



Nilai Laporan = N x B =
                               10


Penilai :
Nama Dosen pembimbing       :  ______________________________
NIP                                         :  ______________________________

Tandatangan                           :  ______________________________



 


KEMENTERIAN AGAMA
FORM (FR)
No. Dokumen
:
FITK-FR-LABF-023
UIN JAKARTA
Tgl. Terbit
:
1 Maret 2010
FITK
No. Revisi:
:
01
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
Hal
:
1/1
DESKRIPSI PENILAIAN LAPORAN AKHIR PPKT

1.      Sistematika Penulisan
Deskriptor       : a. Tatatulis sesuai dengan yang disarankan dalam pedoman ini.
b. Format penulisan sesuai dengan yang disarankan dalam    pedoman ini.

  1. Penggunaan Bahasa
Deskriptor       : a. Menggunakan bahasa Indonesia yang baku dan benar.
                          b. Menggunakan bahasa formal/ilmiah.

  1. Isi Laporan
Deskriptor       : a. Memuat bab-bab yang lengkap sesuai format laporan
b. Bab pendahuluan memuat pentingnya PPKT kompetensi yang     ingin diperoleh dan garis besar isi laporan secara jelas dan runtut.
c. Bab pelaksanaa PPKT memuat uraian siklus pertama hingga  terakhir yang diungkap secara jelas.
d. Mengemukakan hambatan dalam melaksanakan PPKT dan upaya pemecahannya dengan jelas dan rasional.
e. Penutup memuat kesimpulan dan saran yang lugas dan rasional.

  1. Kelengkapan Lampiran
Deskriptor       : a. Memuat minimal 8 (delapan) RPP yang direvisi.
                          b. Memuat hasil diskusi pembahasan RPP dan refleksi.
                          c. Memuat foto kegiatan PPKT.


 


KEMENTERIAN AGAMA
FORM (FR)
No. Dokumen
:
FITK-FR-LABF-023
UIN JAKARTA
Tgl. Terbit
:
1 Maret 2010
FITK
No. Revisi:
:
01
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
Hal
:
1/1
LAPORAN PELAKSANAAN PPKT

  1. Hal-hal  yang Dilaporkan
Garis besar laporan pelaksanaan PPKT memuat :
    1. Kata Pengantar, berisi tujuan PPKT dan ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu pelaksanaan PPKT. (individu)
    2. Pendahuluan , berisi antara lain: pentingnya melaksanakan PPKT, khususnya dalam mencapai kompetensi yang diperlukan guru, garis besar isi laporan dann hal-hal yang sangat penting dan menarik dalam pelaksanaan PPKT. (kelompok)
    3. Pelaksanaan PPKT, berisi antara lain: jadwal perencanaan pelaksanaan PPKT, uraian setia[p kegiatan PPKT seperti penyusunan RPP dan pembahasannya, implementasi RPP di kelas dan kegiatan refleksi, tuliskan situasi, kondisi dan kejadian-kejadian penting dan hasil dalam setiap kegiatan. Tuliskan pula kondisi siswa dan respon /tanggapan para siswa selama implementasi RPP yang didukung dengan hasil refleksi yang bersesuaian. (individu)
    4. Hambatan Pelaksanaan PPKT dan Pemecahannya, berisi antara lain: kendala/hambatan apa saja yang terjadi selama kegiatan pelaksanaan PPKT, misalnya: waktu, kondisi siswa, alat atau media pembelajaran, kekompakan kelompok, hambatan yang datang dari kepala sekolah, guru pamong atau dosen pembimbing, dan sebagainya. Selanjutnya, tuliskan cara pemecahan yang diambil saat itu disertai alasannya. (individu)
    5. Penutup, berisi kesimpulan pelaksanaan PPKT dan saran-saran yang perlu disampaikan agar pelaksanaan PPKT yang akan datang dapat lebih baik. (individu)
    6. Lampiran, memuat jadwal kegiatan PPKT, semua RPP yang telah direvisi berdasarkan pembahasannya dan refleksi setelah diimplementasikan di kelas, hasil diskusi dalam pembahasan RPP dan hasil diskusi dalam kegiatan refleksi, foto-foto kegiatan. (individu)

  1. Tatatulis Laporan
Penulisan laporan PPKT mengikuti aturan tatatulis sebagai berikut:
    1. Menggunakan kertas ukuran A4 jenis HVS
    2. Menggunakan huruf Times New Roman dengan ukuran 12 atau Arial ukuran 11
    3. Jarak margin tepi kiri 4 cm, kanan 3 cm, atas 4 cm, bawah 3 cm.
    4. Jarak antar baris 1,5 spasi.



 


KEMENTERIAN AGAMA
FORM (FR)
No. Dokumen
:
FITK-FR-LABF-023
UIN JAKARTA
Tgl. Terbit
:
1 Maret 2010
FITK
No. Revisi:
:
01
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
Hal
:
1/1
LAPORAN PELAKSANAAN PPKT

  1. Format Penulisan Laporan
Halaman Judul
Halaman Pengesahan Laporan PPKT
Kata Pengantar
Daftar Lampiran
Daftar Isi

BAB I PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
2.      Tujuan
3.      Manfaat
4.      Sistematika

BAB II  PROFIL SEKOLAH/MADRASH
1.      Sejarah Singkat Sekolah/Madrasah
2.      Visi, Misi, dan Tujuan
3.      Guru dan Tenaga Kependidikan
4.      Siswa
5.      Sarana dan Prasarana
6.      Lainya yang relevan

BAB III PELAKSANAAN PPKT
A.    Persiapan (Observasi, Orientasi dan Penyusunan Program Kegiatan/Jadwal)
B.     Pelaksanaan Praktik Mengajar
1.      Pelaksanaan Praktik Mengajar Terbimbing/ Asistensi
2.      Pelaksanaan Praktik Mengajar Mandiri
3.      Hambatan dan Solusi
4.      Pelajaran yang didapat dari Praktik Mengajar (Lesson Learn)
C.     Pelaksanaan Praktik Pengelolaan Kependidikan
1.  Pelaksanaan Praktik Pengelolaan Kependidikan
2.  Hambatan dan Solusi
3.  Pelajaran yang didapat dari Pengelolaan Kependidikan (Lesson Learn)
D.    Pelaksanaan Praktik Penelitian Kependidikan (Ringkasan Hasil Praktik Penelitian Pendidikan)

BAB IV PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN


 


KEMENTERIAN AGAMA
FORM (FR)
No. Dokumen
:
FITK-FR-LABF-023
UIN JAKARTA
Tgl. Terbit
:
1 Maret 2010
FITK
No. Revisi:
:
01
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
Hal
:
1/1
COVER LAPORAN PPKT


 
LAPORAN
PRAKTIK PROFESI KEGURUAN TERPADU
(PPKT)





Logo Uin




Oleh
Fathul Munir
NIM. 105011000179





JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
2013


 


KEMENTERIAN AGAMA
FORM (FR)
No. Dokumen
:
FITK-FR-LABF-023
UIN JAKARTA
Tgl. Terbit
:
1 Maret 2010
FITK
No. Revisi:
:
01
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
Hal
:
1/1
CONTOH HALAMAN PENGESAHAN LAPORAN PPKT


 
Contoh Halaman Pengesahan Laporan PPKT




LAPORAN
PRAKTIK PROFESI KEGURUAN TERPADU
(PPKT)





Lokasi PPKT         : MI Madrasah Pembangunan
                                 Jl. Ir. H. Juanda
                                 Telp. (021) 749XXXX
                                 Fax : (021) 749 XXXX
                                 Email : support@mp-uin.sch.id




Diajukan untuk melengkapi salah satu tugas mata kuliah PPKT




Menyetujui



Dosen Pembimbing                                                        Kepala Sekolah/ Madrasah





……………………..                                                         ……………………
NIP.                                                                                   NIP.






 


KEMENTERIAN AGAMA
FORM (FR)
No. Dokumen
:
FITK-FR-LABF-027
UIN JAKARTA
Tgl. Terbit
:
1 Maret 2010
FITK
No. Revisi:
:
01
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
Hal
:
1/1
OBSERVASI SEKOLAH/MADRASAH*


A. IDENTITAS SEKOLAH/MADRASAH
Nama Sekolah/Madrasah     : __________________________Tahun Berdiri : ______
Nama Yayasan (bila ada)     : __________________________Tahun Berdiri  : ______
Alamat Sekolah/Madarasah                                                                                          : __________________________Telp./Fax            : __________


B. DATA ROMBONGAN BELAJAR (ROMBEL) DAN GURU

NO
MATA PELAJARAN
KLS
JUMLAH ROMBEL
NAMA GURU PENGAMPU
PEND. TERAKHIR
TAHUN MULAI MENGAJAR
1
Pendidikan Agama Islam (untuk sekolah umum)
1




2




3




2
Al-Quran-Hadits
(untuk madrasah)
1




2




3




3
Akidah Akhlak
(untuk madrasah)
1




2




3




4
Fikih
(untuk madrasah)
1




2




3




5
Sejarah Islam
(untuk madrasah)
1




2




3




6
Bahasa Arab
(untuk madrasah)
1




2




3




7
Bahasa Inggris
1




2




3




8
Ilmu Pengetahuan Sosial
1




2




3




9
Matematika
1




2




3




10
Biologi
1




2




3




11
Fisika
1




2




3




12
Kimia
1




2




3






C. LAIN-LAIN
NO
SARANA PENDUKUNG
KET**

NO
KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
KET**
1.
Mesjid/Mushola


1.
Pramuka

2.
Perpustakaan


2.
Palang Merah

3.
Lapangan Olah Raga


3.
Pengajian Siswa/Lembaga Dakwah Siswa

4.
Alat-alat Kesenian


4.
Buletin/Majalah Sekolah

5.
Alat-alat Keterampilan


5.
Seni Musik

6.
Laboratorium M-IPA


6.
Seni Lukis/Kaligrafi

7.
Laboratorium Komputer


7.
Olah Raga (Termasuk Bela Diri)

                                                                                                                                                                 

Keterangan:                                                                                                                                                                             Tanggal:……………………………..
*         Gunakan kertas tambahan bila diperlukan                                                                                    Mengetahui,
**      Beri tanda ü (checklist) bila ada/tersedia                                          
                                                                                                                                                 Observer                                                      Kepala Sekolah/Madrasah
di sekolah/madrasah lokasi PPKT


PERHATIAN:         Form ini diserahkan kepada Laboratorium Pembelajaran FITK
 
 


                                                                                                                                    (_____________)                                             (_____________)









 


KEMENTERIAN AGAMA
FORM (FR)
No. Dokumen
:
FITK-FR-LABF-024
UIN JAKARTA
Tgl. Terbit
:
1 Maret 2010
FITK
No. Revisi:
:
01
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
Hal
:
1/1
PENILAIAN AKHIR PPKT*

Nama : _____________________   NIM: _____________     Jur/Prodi/Kls : _______ /_______ /_______
Jumlah Praktik Mengajar : _______ Tgl. Ujian : _________
Nama Sekolah/Madrasah : _________________________
Alamat Sekolah/Madrasah:_____________________________________________________________
Nama Guru Pamong Pengajaran   :_____________________________
Nama Guru Pamong Administrasi : _____________________________
PETUNJUK PENILAIAN
·         Nilai akhir PPKT diisi oleh Dosen Pembimbing sebagaimana format dibawah
·         Nilai N1, N2 N3, N4, N5 adalah nilai rata-rata dari setiap aspek penilaian dikali bobot

                                
A. NILAI UJIAN PRAKTIK MENGAJAR (N-1)

ASPEK PENILAIAN
NILAI
RATA2
BOBOT
N1
Kompetensi Pedagogik dan Profesional

4


B. NILAI KOMPETENSI KEPRIBADIAN (N-2)

ASPEK PENILAIAN
NILAI
RATA2
BOBOT
N2
Kompetensi Kepribadian
1.     Pamong Administrasi
2.     Guru Pamong
3.     Teman Sebaya
4.     Dosen Pembimbing


1


C. NILAI KEGIATAN PENGABDIAN KEPENDIDIKAN (N-3)
BULAN
KE..
ASPEK PENILAIAN
NILAI RATA2
BOBOT
N3
A. KEG. KEPENDIDIKAN (tulis jenis kegiatannya)
I


2

II


III


IV



B. KEG. ADMINISTRASI PENDIDIKAN (tulis jenis kegiatannya)

I


II


III


IV


Rata-Rata   (∑ / 8)



  1. NILAI  LAPORAN PENELITIAN (N-4)
JUDUL PENELITIAN
NILAI RATA2
BOBOT
N4




2


  1. NILAI  LAPORAN PELAKSANAAN PPKT (N-5)
JUDUL LAPORAN
NILAI RATA2
BOBOT
N5




1



NILAI AKHIR PPKT (NA) :                                                                              
  Tanggal,  .......…………………

 
                      Dosen Pembimbing


Keterangan:                                                                                                     _______________________            
      *    Form ini oleh Dosen Pembimbing diserahkan kepada  Laboratorium Pembelajaran FITK (Pelaksana PPKT) bersamaan dengan seluruh form dari Guru Pamong dan Mahasiswa.


 


KEMENTERIAN AGAMA
FORM (FR)
No. Dokumen
:
FITK-FR-LABF-025
UIN JAKARTA
Tgl. Terbit
:
1 Maret 2010
FITK
No. Revisi:
:
01
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
Hal
:
1/1
KUNJUNGAN DOSEN PEMBIMBING

Nama Dosen Pembimbing       : _________________________________________________________
Nama Sekolah/Madrasah       :_________________________________________________________
Alamat Sekolah/Madrasah     :_________________________________________________________
Jumlah Mahasiswa                   :_________________________________________________________

NO
YANG DITEMUI
AGENDA KUNJUNGAN
TEMPAT
TANDA TANGAN PIMPINAN SEKOLAH/ MADRASAH
STEMPEL SEKOLAH/ MADRASAH
1.







2.







3.







4.







5.







6.







7.







8.








Keterangan:
1.        Form ini dipegang Dosen Pembimbing dan harus dibawa setiap melakukan visiting ke sekolah lokasi PPKT.
2.        Form ini diserahkan kepada Lab. Pembelajaran FITK setelah PPKT berakhir untuk ditraskrip ke dalam lembar transport.
3.        Penyerahan form ini bersamaan dengan penyerahan nilai akhir PPKT pada minggu kedua bulan Juni 2013.
4.        Pembayaran transport hanya dibayarkan pada visiting Dosen Pembimbing ke sekolah bukan ke kampus (FITK UIN).
 
 
Tanggal: ………………………………………..
Tanda Tangan
Dosen Pembimbing



(_________________________)



 


KEMENTERIAN AGAMA
FORM (FR)
No. Dokumen
:
FITK-FR-LABF-018
UIN JAKARTA
Tgl. Terbit
:
1 Maret 2010
FITK
No. Revisi:
:
01
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
Hal
:
1/1
LAPORAN KEGIATAN  PRAKTIK PEMBELAJARAN

Bulan Ke        : 1 / 2 / 3 / 4  (lingkari)
Nama              : ___________________ NIM : _____________ Jur/Prodi/Kls : ______/_______/___
Jenis Kegiatan: _____________________________________ Lama Kegiatan : _________
Bukti             : ____________________________________________________  (terlampir)

1. DESKRIPSI KEGATAN :
___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2. KENDALA :
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

3. SOLUSI   :
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________


                                                                                                                                Tanggal :
                                                                                                                                Mengetahui Guru Pamong




                                                               .............................................

 


KEMENTERIAN AGAMA
FORM (FR)
No. Dokumen
:
FITK-FR-LABF-018
UIN JAKARTA
Tgl. Terbit
:
1 Maret 2010
FITK
No. Revisi:
:
01
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
Hal
:
1/1
LAPORAN KEGIATAN  PENELITIAN

Bulan Ke        : 1 / 2 / 3 / 4  (lingkari)
Nama              : _____________________ NIM : ____________ Jur/Prodi/Kls : ______/_____/___
Jenis Kegiatan: ____________________________________ Lama Kegiatan : _________
Bukti              : __________________________________________________  (terlampir)

1. DESKRIPSI KEGATAN :
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2. KENDALA :
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

3. SOLUSI   :
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

                                                                                                                                Tanggal :
                                                                                                                                Mengetahui Dosen          
                                                                                                                   Pambimbing
               



                                                                                                                  ........................................................


 


KEMENTERIAN AGAMA
FORM (FR)
No. Dokumen
:
FITK-FR-LABF-018
UIN JAKARTA
Tgl. Terbit
:
1 Maret 2010
FITK
No. Revisi:
:
01
Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat 15412 Indonesia
Hal
:
1/1
LAPORAN KEGIATAN  PENGABDIAN KEPENDIDIKAN

Bulan Ke        : 1 / 2 / 3 / 4  (lingkari)
Nama              : _________________ NIM : ____________ Jur/Prodi/Kls : ______/______/___
Jenis Kegiatan: __________________________________ Lama Kegiatan : ________
Bukti              : _______________________________________________  (terlampir)

1. DESKRIPSI KEGATAN :
___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2. KENDALA :
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

3. SOLUSI   :
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

                                                                                                                Tanggal :
                                                                                                                Mengetahui Guru Pamong Administrasi



                                                                                                                ........................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar